Assalamualaikum, selamat datang, welcome...

selamat datang di tempat saya. Tempat saya mencurahkan isi hati dan pikiran. Tempat saya ingin berbagi, walau hanya dengan sejumput inspirasi... semoga bermanfaat.

Sabtu, 20 Oktober 2012

Buku-buku Diary Saya

Sudah lamaaa sekali saya tdk nulis di sini. Tp untuk urusan nulis di buku harian msh saya lakukan. Sp sekarang. Kira-kira 2 mgg y.l saya mengaduk-aduk isi bufet. Dan saya temukan 1 kardus yg berisi buku-buku harian saya. ada 12 buku. semuanya saya beri nomor, plus stiker harga pd beberapa buku yg sengaja tdk saya lepas. 

Buku yg ke-1 saya tulis saat saya msh di kls 2 SMA . Halaman awal saya tulis pd tgl 16 nop. 1985, jam 4 kurang 10' sore. Ahai... dan buku ke-12, halaman terakhirnya saya tulis pd tgl 27 agustus 1999, jam 17.00. posisi saya pd saat itu sdh menjadi seorang ibu, dgn 2 org anak. 

Setelah kurun itu saya tetap suka menulis. walau tdk semua terdokumentasi dgn baik. Saya tetap punya buku khusus utk menulis. Cuma bukan utk catatan harian. Lebih bersifat umum. Ya catatan belanja, 'to Do list', catatan alamat/no telp orang, dll. Sehingga catatan yg sifatnya curahan hati lbh kecil porsinya. bahkan kadang tdk ada. Kenapa ya?. Mungkin karena posisi buku harian sdh ada yg menggantikan : Suami. Hehehe... Jadi, kalau sdg tdk satu kata dgn suami, baru deh catatan harian berfungsi lagi.

 Dulu, saya malu kalau teman tahu saya punya diary. karena kesannya cengeng, manja dan so imut. Tapi sekarang saya menyadari, punya buku  catatan harian penting utk saya. Saya flash back yaa... (sambil buka2 isi diary saya). Jaman SMA saya adalah gadis yg introvert dan gak PD. Banyak hal kan yg bs buat teenager gak PD. Padahal saat kita dewasa, kita geli sndri kenapa hal2 sepele bikin kita gak PD. Nah, saya tidak punya tpt utk curhat. Ke ortu?, ah, rasanya malu ya. Krn ortu jaman itu kan lbh sbg ortu, blm ada kesadaran utk jd teman bg anak2nya. Ke teman? hallaaahh....mrk jg sibuk dgn masalahnya msg2. Belum lg kalau mereka jd nya mrs aneh dengar curhatan kita. hehehe.... Nah, kalau sdh begitu kan enaknya curhat aja ke diary. Kita mau tulis apa aja, dia diaaam aja.  Gak pernah dia buka rahasia kita. Asal nyimpannya di tempat rahasia yaa... Biar tdk dibaca orang. Hehehe... 

Mnrt saya diary bs jd katup penyelamat gejolak yg ada di hati. coba deh, kalau kita sdg stres, tulis aja semua yg ada di pikiran n hati kita. Keluarin aja. Mula2 mgkn sulit utk ngeluarinnya. Gak pa-pa. itu buku kita coret2 aja dgn coretan abstrak kita. Bahkan kadang sp bolong. Or basah sama air mata kita. It's okey. Bbrp menit kemudian, saat pikiran sdh mulai tenang, keluarin deh semua uneg2 yg ada di hati. Tulis aja. Boleh percaya, boleh tidak, stlh itu kita akan lbh tenang. walaupun blm ada solusi apapun. Tp minimal beban yg ada di hati agak berkurang. Dan waktu terus berjalan. And know what, seringnya stlh kita baca lagi, kita geli sndri kenapa ya hal kaya' gitu bs bikin saya runyam amat. Bodoh sekali sih.... Ketemu atau tdk solusinya, diary dapat merekam proses pendewasaan diri kita lho.

So, tulislah diary, selain manfaat yg sdh saya sebut di atas, rajin menulis diary jg membantu kita utk mudah merunutkan pikiran2 kita ke dalam bentuk tulisan. Nah, ketemu manfaat satu lg kan. Kalau dikembangkan bs jadi penulis. Aha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar